Membuat Program Website Interaktif (J_Desob.NET)

          Nama saya Dede Sobari, saya lahir di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 1993. Saya bertempat tinggal di daerah Bojong Gede, Bogor. Saya adalah salah satu siswa lulusan SMK KORPRI SUMEDANG dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan lulus pada tahun 2012. Semasa SMK saya biasa di panggil dengan nama Desob oleh guru kejuruan sekaligus wali kelas saya, akhirnya teman – teman saya pun memanggil saya dengan nama Desob. Guru kejuruan sekaligus wali kelas saya bernama pak Andri. Pak Andri adalah guru yang pertama kali mengajarkan saya tentang website. Bagi saya pribadi beliau adalah guru yang terbaik dan memberi dukungan penuh kepada saya, karena Pak Andri saya jadi bisa membuat website yang interaktif.
          Awal mula saya membuat website dari pembelajaran web statis terlebih dahulu dengan menggunkan bahasa HTML. Program pertama website statis saya adalah bernama Desob HTML, dimana keunggulan Desob HTML hanya terdapat menu – menu menggunakan link saja. Pada saat itu saya belum tertarik dengan website dan saya tidak mengerti tentang website. Tetapi ketika mulai pembelajaran web dinamis dengan menggunakan bahasa PHP saya sudah mulai tertarik karena web dinamis menggunkan design atau gambar. Saya sendiri orangnya sangat senang dalam urusan menggambar, apa lagi kalau mengedit foto saya paling suka. Program pertama website dinamis saya adalah bernama Desob_Nanasimadu, dimana keunggulan Desob_Nanasimadu hanya terdapat menu – menu menggunakan flash saja.
          Pertama kali saya membuat website interaktif pada saat adanya pelajaran tambahan untuk persiapan Ujikom Kejuruan. Perkiraan pak Andri yang akan keluar untuk Ujikom Kejuruan bertema Web Perpustakaan Online. Setiap hari pada saat jam pelajaran tambahan, saya dan teman – teman pun membuat program website perpustakaan tersebut. Saya memberi website saya dengan nama Perpus_Desob dan database bernama Laskar_Desob. Kebiasaan saya jarang tidur membuat program Perpus_Desob semakin cepat dalam pemasukkan data dan menu – menu pada Perpus_Desob pun semakin berkembang. Awal mulanya keunggulan Perpus_Desob memiliki pemutar video seperti pada YouTube, tetapi tidak sebagus YouTube. Lalu keunggulan selanjutnya para pengunjung Perpus_Desob dapat mengunduh file atau aplikasi yang telah saya sediakan dengan cara memasukkan kode keamanan secara acak terlebih dahulu.
          Seiringnya waktu, Perpus_Desob pun semakin berkembang dan memiliki interaktif. Interaktif Perpus_Desob yang pertama adalah adanya menu buku tamu dengan script atau kode yang memasukkan data ke dalam database. Buku tamu pada Perpus_Desob berguna untuk para tamu yang berkunjung dapat menulis komentar – komentarnya tentang Perpus_Desob. Selanjutnya, interaktif Perpus_Desob yang ke dua adalah menu suka atau tidaknya para pengunjung dengan program Perpus_Desob dan pemasukkan datanya bukan ke dalam database, tetapi ke dalam file notepad yang sudah saya sediakan. Selanjutnya, interkatif Perpus_Desob yang ke tiga adalah menu unggah gambar. Menu unggah gambar pada Perpus_Desob berguna untuk para pengunjuk menyimpan gambar atau foto di dalam program website Perpus_Desob. Selanjutnya, interkatif Perpus_Desob yang ke empat adalah dapat melihat gambar atau foto para pengunjung yang telah mengunggah gambar atau fotonya. Dan masih banyak lagi interaktif yang ada di Perpus_Desob.
          Setelah lama membuat program Perpus_Desob, saya baru mengetahui kalau script atau kode program Perpus_Desob sangatlah berbeda dengan script atau kode yang di berikan oleh guru saya kepada teman – teman saya. Akhirnya, saya pun mengulang kembali membuat program web perpustakaannya dengan database yang sama yaitu, Laskar_Desob .Saya pun meminta script – script atau kode – kode program kepada guru saya. Setelah saya pelajari script atau kode dari guru saya, ternyata hasilnya saya lebih paham dengan script yang saya buat. Akhirnya, saya kombinasikan antara script saya dengan script guru saya. Karena scriptnya kombinasi, program website perpustakaan yang baru itu pun saya beri nama Perpus_Combine.
          Keunggulan ataupun interaktif pada program Perpus_Desob, saya masukkan juga ke dalam program Perpus_Combine. Program Perpus_Combine yang saya buat semakin berkembang cepat dari pada program sebelumnya dan hubungan antara database dengan website pun semakin baik. Perpus_Combine juga sudah mulai di lengkapi dengan fitur – fitur javascript dan css.
          Tidak terasa Ujikom Kejuruan sebentar lagi, program Perpus_Combine sudah hampir selesai. Hanya beberapa minggu lagi saya dan teman – teman melaksanakan Ujikom, tetapi tiba – tiba saja Pak Andri menyampaikan berita. Ternyata perkiraan pak Andri meleset, berita itu adalah tentang Ujikom yang akan di uji yaitu bertema Web Rumah Sakit Online. Mau tidak mau atau suka tidak suka, saya dan teman – teman mengulang kembali semua programnya. Saya pun menjadi resah karena teringat waktu Ujikom yang sebentar lagi, sementara pembuatan program harus dari awal. Akhirnya, saya memulai kembali membuat program website dari awal. Program website nya pun saya beri nama RS_Desob93 dan database nya bernama RS_Desob. Karena saya jarang tidur, pembuatan website pun cepat dan semua fitur – fitur sekaligus script yang ada pada program sebelumnya saya pakai di RS_Desob93.
          Pada suatu hari, saya dan pak Andri membicarakan tentang relasi pada database. Kita saling bertukar pikiran untuk membuat relasi database tersebut. Relasi tersebut berisi bahwa semua data yang ada pada setiap tabel harus tampil berdasarkan pemanggilan nama pasien dan saling berurutan. Akhirnya, kita berdua membuat alur program yang biasa disebut dengan algoritma. Setelah membuat algoritma dan banyak yang belum cocok, akhirnya pak Andri menemukan algoritma yang tepat. Lalu saya langsung saja menerapkan algoritma tersebut ke dalam program.
          Waktu terus berlalu, sakit kepala karena script sering saya rasakan, kesalahan demi kesalahan pada program telah banyak saya lalui, namun tetap saja script atau kode belum ada yang tepat. Demi program saya pun terus berusaha, bahkan hampir setiap waktu saya hanya di depan komputer untuk membuat script atau kode tersebut.
          Pada akhirnya, usaha saya perjuangkan tidak berakhir sia – sia. Saya menemukan script atau kode relasi yang dapat di bilang tepat. Walaupun tidak terlalu bagus relasinya, tetapi saya sengat bangga pada diri sendiri karena saya telah menemukan suatu hal yang baru yang saya ciptakan sendiri. Ke esokan harinya pun, saya langsung memberikan script relasi tersebut kepada pak Andri. Lalu saya melihat pak Andri pun merasa senang. Ujikom pun telah selesai dan saya sangat bersyukur mendapat nilai yang baik. Setelah semua ujian selesai, saya bebas tidak ada tugas – tugas lagi.
          Sewaktu duduk di bangku kelas 3 SMK, saya tidak hanya ada dalam masalah program saja, tetapi saya juga memiliki masalah tentang perasaan saya. Pada saat itu saya tertarik dengan seorang wanita dan dia adalah adik kelas saya. Teman satu kamar saya ada yang sekelas dengan wanita tersebut dan hampir setiap hari saya selalu menitipkan salam rindu saya kepada teman saya untuk wanita tersebut. Saya kebingungan untuk mendakati wanita tersebut dan saya ini sangat malu jika berada di dekatnya, makanya saya selalu melihat dia dari jarak jauh saja.
          Akhirnya, semakin saya tertarik dengan wanita tersebut, saya pun memaksakan diri untuk mendekatinya. Pada saat itu ide saya untuk mendekatinya adalah dengan cara menwarkan tentang pembelajaran website. Wanita itu pun tidak menolak tawaran saya. Akhirnya, saya pun langsung mengajarkan tips dan trik cara membuat website. Lalu saya buatkan contoh – contoh website untuk wanita tersebut.
          Hari demi hari, karena pembelajaran website saya dan wanita tersebut semakin akrab. Canda tawa selalu menghiasi hari – hari kita. Semakin saya akrab dengannya, saya pun semakin suka. Pada suatu hari saya mengatakan cinta kepada wanita tersebut, lalu tanpa pemikiran panjang wanita itu menerima saya. Akhirnya, saya terinspirasi untuk membuat album pada website tentang kita berdua. Tetapi website itu tidak akan pernah ada yang mengunjungi jika hanya tentang kita berdua. Lalu saya berencana untuk membuat website interface sekaligus menyediakan tutorial – tutorial pemrogramman, tujuannya agar banyak pengunjung dan mereka dapat melihat tentang saya dan wanita tersebut. Website itu pun saya beri nama java_desob93 dan nama database nya club_java.
          Program website java_desob93 mulai saya tulis pada tanggal 18 April 2012. Tidak terasa liburan panjang saya pun telah tiba dan saya memilih tinggal di rumah saya, tepatnya di daerah Bojong Gede, Bogor. Sepanjang liburan itu pun saya bekerja dengan kakak saya dan saya hanya mempunyai waktu sedikit untuk menulis script – script program java_desob93. Di samping itu saya tidak ada waktu untuk menemani wanita tersebut dan sangatlah sulit jika hubungan jarak jauh. Saya takut wanita itu kesepian dan pada akhirnya saya memutuskan wanita tersebut.
          Setelah beberapa bulan kemudian saya sudah tidak lagi bekerja, lalu saya menggunakan waktu luang saya untuk meneruskan program website java_desob93. Karena saya sudah putus dengan wanita itu, saya pun mengganti nama program java_desob93 menjadi J_Desob.NET.
          Sekilas tentang J_Desob.NET di ambil dari tiga macam yaitu, kata J di ambil dari nama depan javascript, kata Desob di ambil dari nama panggilan saya sewaktu SMK dimana awal saya memulai pemrogramman website, sedangkan kata .NET di ambil dari salah satu nama keluarga besar Microsoft. J_Desob.NET memiliki banyak fitur – fitur JQuery Plugin dan di lengkapi dengan user interface, meskipun interface yang belum kompleks. J_Desob.NET juga menyediakan tutorial seperti java applet, java berbsis desktop, javascript, MySQL, HTML, PHP, dan lain – lain.
          Kini J_Desob.NET hanya di miliki oleh guru terbaik saya dan wanita pujaan saya. Sekarang cita – cita saya ingin sekali menjadi programmer website dan mimpi saya ingin sekali J_Desob.NET dipergunakan oleh umum. Saya pun akan terus mengembangkan program J_Desob.NET dan memberikannya kepada wanita pujaan dan guru saya.


Nama : Dede Sobari
NPM : 201243500688
Kelas : R1 D

Tidak ada komentar: